• 17 Apr, 2024

Panduan Lengkap Instalasi WordPress untuk Pemula

Selamat datang di panduan instalasi WordPress! WordPress adalah platform manajemen konten yang populer dan kuat yang memungkinkan Anda membuat dan mengelola situs web dengan mudah. Dalam artikel ini, saya akan memandu Anda langkah demi langkah melalui proses instalasi WordPress di hosting Anda sendiri.

Langkah 1: Persiapkan Hosting Anda

Sebelum memulai instalasi, pastikan Anda memiliki hosting web dan domain yang sudah terdaftar. Anda dapat memilih penyedia hosting seperti Bluehost, SiteGround, atau HostGator.

Langkah 2: Unduh Paket WordPress

Buka situs web resmi WordPress di wordpress.org dan unduh versi terbaru WordPress. Setelah selesai diunduh, ekstrak file zip-nya.

Langkah 3: Buat Database

Buka panel kontrol hosting Anda dan buatlah database MySQL baru. Catat nama database, nama pengguna, dan kata sandi yang Anda buat, karena Anda akan memerlukannya nanti.

Langkah 4: Konfigurasi File wp-config.php

Di folder tempat Anda mengekstrak file WordPress, temukan file bernama wp-config-sample.php. Duplikat file ini dan ganti namanya menjadi wp-config.php. Buka file tersebut menggunakan editor teks dan masukkan informasi database yang telah Anda buat di langkah sebelumnya.

ph

define ( 'DB_NAME' , 'nama_database' );

define ( 'DB_USER' , 'nama_pengguna_database' );

define ( 'DB_PASSWORD' , 'kata_sandi_database' );

define ( 'DB_HOST' , 'localhost' );

Simpan perubahan dan tutup file.

Langkah 5: Unggah File WordPress

Unggah semua file WordPress yang telah Anda ekstrak sebelumnya ke direktori root situs web Anda melalui FTP atau File Manager di panel kontrol hosting Anda.

Langkah 6: Selesaikan Instalasi Melalui Browser

Buka browser web Anda dan akses situs web Anda. Anda akan melihat jendela instalasi WordPress. Ikuti langkah-langkah untuk menyelesaikan instalasi:

  • Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan untuk situs web Anda.
  • Masukkan detail informasi situs web Anda seperti judul, deskripsi, alamat admin, dan kata sandi.
  • Klik tombol "Instal WordPress".

Langkah 7: Selesai!

Sekarang, WordPress telah diinstal di situs web Anda. Anda dapat masuk ke dasbor admin WordPress menggunakan alamat admin dan kata sandi yang Anda tentukan selama proses instalasi. Dari sini, Anda dapat mulai menyesuaikan situs web Anda, menambahkan tema, plugin, dan konten.

Selamat! Anda sekarang memiliki situs web WordPress yang siap digunakan. Jika Anda memiliki pertanyaan atau mengalami kesulitan selama proses instalasi, jangan ragu untuk menghubungi dukungan hosting Anda atau berkonsultasi dengan komunitas WordPress.

Admin Blog

Admin Blog

Admin e-themes.info mengelola situs berita teknologi dan informasi yang informatif dan terkini. Memastikan konten yang disajikan berkualitas dan relevan bagi pembaca. Berkomitmen untuk menyajikan berita terkini dalam industri teknologi secara akurat dan terpercaya. Menjadi sumber utama bagi para penggemar teknologi untuk mendapatkan informasi terbaru.