• 28 May, 2024

Artikel ini memberikan panduan langkah-demi-langkah tentang cara memulai proyek dengan CodeIgniter, cocok untuk pengembang web yang ingin mempelajari atau menggunakan framework ini untuk proyek mereka.

CodeIgniter (CI) adalah framework PHP yang ringan dan cepat yang cocok untuk pengembangan aplikasi web yang sederhana hingga menengah. Dalam panduan ini, kita akan melangkah-langkah membuat proyek CodeIgniter dari awal.

Langkah 1: Unduh dan Persiapkan CodeIgniter

Pertama, unduh versi terbaru dari CodeIgniter dari situs web resminya di https://codeigniter.com/download. Ekstrak file zip yang Anda unduh ke direktori tempat Anda ingin membuat proyek CodeIgniter Anda.

Langkah 2: Konfigurasi File .htaccess

Salin file .htaccess dari folder application/config ke direktori root proyek Anda. Jika Anda menggunakan Apache, pastikan mod_rewrite telah diaktifkan untuk server Anda. File .htaccess ini membantu dalam penanganan URL yang bersih dan ramah SEO.

Langkah 3: Konfigurasi Database

Buka file application/config/database.php dan atur pengaturan database Anda, seperti nama database, pengguna, dan kata sandi. CodeIgniter menggunakan file ini untuk terhubung ke database Anda.

Langkah 4: Buat Kontroler

Kontroler adalah bagian utama dari aplikasi CodeIgniter yang menangani permintaan HTTP dan mengatur logika aplikasi. Untuk membuat kontroler baru, buat file di dalam direktori application/controllers. Misalnya, Anda dapat membuat file Welcome.php dengan konten sebagai berikut:

php
<?phpdefined ('BASEPATH' ) OR exit ('No direct script access allowed' ); classWelcomeextendsCI_Controller {    publicfunctionindex()     {        $this ->load->view ('welcome_message' );    } }

Langkah 5: Buat Tampilan

Tampilan dalam CodeIgniter disimpan di direktori application/views. Buat file tampilan baru di dalam direktori tersebut. Misalnya, Anda dapat membuat file welcome_message.php dengan konten HTML sebagai tampilan halaman beranda Anda.

Langkah 6: Routing

Routing dalam CodeIgniter menentukan bagaimana permintaan HTTP diteruskan ke kontroler yang sesuai. File konfigurasi untuk routing dapat ditemukan di application/config/routes.php. Anda dapat menyesuaikan rute Anda di sini.

Langkah 7: Jalankan Aplikasi Anda

Setelah Anda menyiapkan kontroler, tampilan, dan konfigurasi lainnya, Anda dapat menjalankan aplikasi CodeIgniter Anda. Buka browser Anda dan arahkan ke alamat URL proyek Anda untuk melihat aplikasi web yang berjalan.

Langkah 8: Mulai Pengembangan

Sekarang, Anda sudah memiliki proyek CodeIgniter yang berfungsi. Anda dapat mulai mengembangkan aplikasi web Anda dengan menambahkan lebih banyak kontroler, model, dan tampilan, serta mengintegrasikan fungsionalitas yang diperlukan untuk aplikasi Anda.

Selamat, Anda sekarang siap memulai perjalanan pengembangan dengan CodeIgniter! Dengan pendekatan yang ringan dan cepat ini, Anda dapat dengan mudah membuat aplikasi web yang tangguh dan efisien.


Artikel ini memberikan panduan langkah-demi-langkah tentang cara memulai proyek dengan CodeIgniter, cocok untuk pengembang web yang ingin mempelajari atau menggunakan framework ini untuk proyek mereka.

Admin Blog

Admin Blog

Admin e-themes.info mengelola situs berita teknologi dan informasi yang informatif dan terkini. Memastikan konten yang disajikan berkualitas dan relevan bagi pembaca. Berkomitmen untuk menyajikan berita terkini dalam industri teknologi secara akurat dan terpercaya. Menjadi sumber utama bagi para penggemar teknologi untuk mendapatkan informasi terbaru.