• 28 May, 2024

Cara Install WHM: Langkah demi Langkah

Jika Anda berencana untuk mengelola server web sendiri, WHM (Web Host Manager) adalah salah satu alat yang sangat berguna.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara menginstal WHM pada server Anda:

 

Langkah 1: Persiapkan Server Anda

Sebelum menginstal WHM, pastikan bahwa server Anda memenuhi persyaratan sistem yang diperlukan. Pastikan juga bahwa Anda memiliki akses root ke server Anda.

 

Langkah 2: Unduh Paket Instalasi WHM

Kunjungi situs web resmi cPanel untuk mengunduh paket instalasi WHM terbaru. Pastikan untuk memilih versi yang sesuai dengan sistem operasi server Anda.

 

Langkah 3: Instalasi WHM

Setelah mengunduh paket instalasi, unggah paket tersebut ke server Anda dan ekstrak file-file yang ada di dalamnya. Kemudian, jalankan skrip instalasi dengan menggunakan perintah yang sesuai dengan sistem operasi server Anda.

 

Langkah 4: Konfigurasi WHM

Setelah proses instalasi selesai, Anda perlu melakukan konfigurasi awal WHM. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh installer untuk mengatur nama host, alamat email, dan informasi lainnya yang diperlukan.

 

Langkah 5: Akses WHM

Setelah konfigurasi selesai, Anda dapat mengakses WHM melalui browser web dengan menggunakan alamat IP server Anda dan port yang ditentukan selama proses instalasi.

 

Langkah 6: Pendaftaran Akun Baru

Sekarang Anda dapat mulai mendaftarkan akun hosting baru, mengelola paket hosting, dan melakukan berbagai tugas administratif lainnya melalui antarmuka pengguna grafis yang disediakan oleh WHM.

 

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat menginstal WHM dengan mudah dan mulai mengelola server web Anda dengan lebih efisien. Selamat mencoba!

 

Artikel ini dibuat oleh e-themes.info. Kunjungi selalu untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai info, digital, desgin, cyber, dan tutorial.