• 28 May, 2024

Cara Install phpMyAdmin

phpMyAdmin merupakan salah satu aplikasi web yang sangat populer digunakan untuk mengelola basis data MySQL. Dengan phpMyAdmin, Anda dapat dengan mudah mengelola basis data MySQL melalui antarmuka web yang ramah pengguna. Berikut adalah langkah-langkah cara menginstal phpMyAdmin di server Anda

  1. Persiapkan Lingkungan: Pastikan server Anda sudah terpasang dan terkonfigurasi dengan baik. Anda juga harus memiliki akses sebagai superuser atau memiliki izin untuk menginstal perangkat lunak di server.

  2. Unduh phpMyAdmin: Kunjungi situs resmi phpMyAdmin di phpmyadmin.net dan unduh versi terbaru dari phpMyAdmin. Anda dapat memilih untuk mengunduh versi zip atau tarball.

  3. Ekstrak Berkas: Setelah mengunduh, ekstrak berkas yang telah diunduh ke direktori yang diinginkan di server Anda. Misalnya, Anda dapat mengekstraknya ke direktori /var/www/html/ jika Anda menggunakan Apache.

  4. Konfigurasi: Salin berkas konfigurasi contoh config.sample.inc.php menjadi config.inc.php. Anda bisa melakukannya dengan perintah:

    cp config.sample.inc.php config.inc.php
  5.  Kemudian, buka berkas config.inc.php menggunakan editor teks favorit Anda dan atur konfigurasi sesuai dengan kebutuhan Anda. Pastikan untuk mengatur pengaturan koneksi basis data MySQL dengan benar.

  6. Setelkan Permissions: Pastikan bahwa direktori tempat Anda mengekstrak phpMyAdmin dapat diakses oleh server web Anda dan memiliki izin yang sesuai. Anda mungkin perlu menyesuaikan izin file dan direktori untuk memastikan keamanan.

  7. Akses Melalui Browser: Buka browser web Anda dan arahkan ke alamat URL tempat Anda mengekstrak phpMyAdmin. Misalnya, jika Anda mengekstraknya ke /var/www/html/phpmyadmin/, maka alamat URL-nya mungkin adalah http://namadomainanda.com/phpmyadmin/.

  8. Login dan Mulai Menggunakan: Setelah mengakses phpMyAdmin melalui browser, Anda akan diminta untuk login. Gunakan kredensial MySQL yang valid untuk masuk. Setelah masuk, Anda dapat mulai mengelola basis data MySQL Anda dengan mudah melalui antarmuka web phpMyAdmin.