• 23 Jul, 2024

Apa Itu Propagasi? dalam Dunia Hosting

Ketika kita membahas tentang hosting website, seringkali kita mendengar istilah "propagasi". Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan propagasi dalam konteks hosting web?

Propagasi adalah proses penyebaran informasi dari satu titik ke titik lainnya di internet. Dalam konteks hosting, propagasi mengacu pada penyebaran informasi tentang domain baru atau perubahan yang dilakukan pada DNS (Domain Name System).

Ketika Anda membeli domain baru atau membuat perubahan pada pengaturan DNS, seperti mengubah server DNS atau menambahkan rekaman DNS baru, informasi ini perlu disebarkan ke seluruh server DNS di seluruh dunia. Proses ini memastikan bahwa ketika seseorang mengakses domain Anda, mereka diarahkan ke server yang benar.

Propagasi DNS bisa memakan waktu, karena informasi perlu disebarkan dan diperbarui di semua server DNS. Meskipun biasanya propagasi DNS dapat selesai dalam waktu 24-48 jam, namun terkadang bisa lebih cepat atau memakan waktu lebih lama tergantung pada berbagai faktor, seperti penyedia hosting dan server DNS yang digunakan.

Selama proses propagasi, pengguna mungkin akan mengalami akses yang tidak stabil atau error saat mencoba mengakses situs web yang baru dipindahkan atau diubah pengaturannya. Hal ini wajar terjadi dan biasanya dapat diselesaikan dengan menunggu propagasi selesai.

Jadi, singkatnya, propagasi dalam dunia hosting adalah proses penyebaran informasi tentang domain dan pengaturan DNS ke seluruh server DNS di seluruh dunia untuk memastikan bahwa situs web dapat diakses dengan benar.

Artikel ini dibuat oleh e-themes.info. Kunjungi selalu untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai info, digital, desgin, cyber, dan tutorial.